televisi

sekarang malah tv one yang bermasalah sama kepolisian gara-gara dituduh ngebayar orang supaya mau diwawancarai sebagai makelar kasus bohong2an.
saya jadi ingat kata-kata seorang kerabat dulu. kebetulan dia pernah ambil kuliah di pertelevisian. terus dia cerita, "pertelivisian itu jurusan aneh. kenapa yok aneh? soalnya motto kita adalah jangan percaya pada televisi. lha padahal kita sendiri orang televisi malah menanamkan motto macam itu".
yah, dari info-info yang pernah saya dapat dari sekedar ngobrol santai gak ada tujuan tapi berisi, memang sih, kita seharusnya tidak boleh terlalu percaya pada berita-berita apapun yang ada di televisi. apalagi yang sudah berbau internasional. karena sangat sarat dengan editan atau fakta-fakta penting yang disembunyikan hanya untuk memotong info yang diperlukan pemirsa. jadi seharusnya kita yang nonton tv bisa dapat info lebih tapi malah jadi ga tau. intinya : opini kita terhadap suatu wacana sedang dikendalikan. apalagi tujuannya kalau bukan untuk kepentingan pribadi atau golongan? tentu gak ada.

ah, saya jadi ingat lagi. dulu seorang murabbi (mr) pernah cerita sama saya dan teman-teman. waktu itu mr saya lagi kerja di kantornya, terus bareng sama teman sekantornya mr saya nonton siaran di stasiun tv yang dibawahi sama israel. siaran berita itu mengatakan bahwa keadaan di daerah palestine waktu itu aman-aman saja. tapi setelah itu, channel tv-nya diganti ke stasiun tv arab, al jazeera. karena pakai bahasa arab, jadi mr saya dan teman-temannya ga terlalu ngerti. untungnya ada salah satu dari mereka yang paham bahasa arab. dan darii penuturan temannya yang bisa bahasa arab itu diketahui kalau siaran berita itu tentang suasana palestine yang gak aman dan selalu rusuh karena diserang tentara israel. padahal, stasiun televisi itu siaran dalam waktu yang sama, nah lho?

dan untuk kasus tv one ini,kalau memang benar, tentu saya sangat kecewa sekali. karena jujur saja, televisi yang berita-beritanya saya percayai sekarang ini cuma dari tv one thok. lha kalau ternyata tv one juga suka bikin berita bohong-bohong gitu terus berita mana lagi yang bisa dipercaya sekarang ini? atau memang sejak dulu gak pernah ada?
namun terlepas mau itu tv one kek, metro kek, atau siaran berita dari stasiun tv yang lain, sungguh sangat disayangkan apabila hanya demi kepentingan rating sampai tega-teganya menyebar berita bohong. bayangkan, membohongi seluruh dunia! apalagi jika sampai merugikan pihak-pihak tertentu, dan parahnya lagi, bisa memperkeruh masalah nasional yang memang sudah butek banget. aduuh, sudah deh, gak usah..

tapi tentu saja opini saya ini tidak bisa diperhitungkan benar salahnya. lha wong ini cuma cuap-cuap anak sma yang suka sok ikut-ikutan ngerti masalah orang gede. lagipula saya juga menyadari tentunya masalah yang sedang dihadapi orang-orang di sana itu sangat rumit sekali. antara kejujuran, kepentingan, keselamatan, karier, nama baik, profesionalitas, uang, kesetiakawanan, utang budi, dan segalanya yang lain lagi campur aduk sampai bikin eneg.
pusing ngikutin berita indonesia ini. tapi saya juga gak mau gagap info.
yah, saya doakan sajalah, semoga masalah-masalah yang ada bisa diselesaikan. dan yang penting, jangan lagi menambah kerugian negara -baca:rakyat-.
pakai hati nurani bung!
televisi oh televisi..

Komentar

Postingan Populer