homesick, sibling rivalry, and lovely brother

kemarin ada temen yang cerita tentang ketidakmampuannya menangani stressor yang sedang dihadapi di kampus dan akhirnya pulang ke ponorogo buat "ngadu" sama rumah. trus temen itu nambahin di akhir cerita, "serius mbar, waktu kemarin aku stres itu aku jadi kepikiran kamu. ya Allah aku kalo lagi stress gini masih bisa maksain pulang, tapi kalau ambar ga bisa" - yah gitulah kira-kira kata temen itu.
well well well, ini memang salah satu konsekuensi jadi saya sih -dan ribuan teman perantau lainnya-. konsekuensi yang gak bisa dirasakan teman-teman lain yang sampai sekarang masih bisa enak kapan saja pulang, ketemu ibu, ketemu bapak, tidur di kamar sendiri. surga memang rasanya. meskipun jujur aja kadang-kadang saya mangkel banget sama beberapa temen yang dikit-dikit pulang, dikit-dikit pulang, dikit-dikit ngeluh sakit, ga kuat, kangen ibu, haaaasssss, tapi semakin kesini saya makin bisa menetralisir perasaan gak suka itu, toh pribadi tiap orang beda-beda kan?
saya sendiri pernah beberapa kali homesick. gak kuat, bener-bener gak kuat. perasaan-perasaan nyiksa kayak gitu selalu saya atas dengan teknik-teknik distraksi berdasarkan belajar dari pengalaman. ya nulislah, makan, tidur, bersih-bersih kamar, keliling kota malang sendirian sampai bensin habis, mbolang yang jauh-jauh sampe jatoh-jatoh sampe motor rusak, atau paling mentok nangis di kamar sampai ketiduran. haha, silly but i'll miss those each moment.

tapi semakin ke sini, perasaan rindu rumah itu semakin bisa saya olah dengan baik, gak lagi salah kaprah. perjalan yang jauh ini menempa mental saya untuk gak jadi perempuan yang gampang cengeng -kecuali hal-hal tertentu loh yaaa-

tapi, kadang-kadang ada juga homesick yang gak tertanggungkan. seingat saya homesick yang kayak gitu itu 3 kali. dulu pasa awal-awal banget, tapi pas mba rina masih di sini jadi gak parah-parah banget. kedua pas semester5 pas sakit gejala typus dan ketahuan sama ibu gara-gara di telpon. trus yang ketiga pas PKK putaran terakhir semester5, pas minggu ke 6 praktek tepatnya. dapat tempat praktek yang shiftnya dobel, perjalanan 1 jam dari malang dengan kecepatan 60km/jam, musim hujan, dan dapet ibu kos yang menurut saya gak enak. semua faktor-faktor itu secara licik bersekongkol dan sukses bikin saya sakit hampir 1 minggu. dan waktu sakit itu, untuk pertama kalinya saya yang duluan telpon ibu untuk kasi kabar kalau lagi sakit, untuk minta doa supaya cepat sembuh. waktu itu, saya benar-benar homesick. dan yang menyembuhkan semuanya hanyalah perbincangan beberapa menit antara ibu-anak yang gak biasa romantis tapi karena si anak untuk pertama kalinya "ngadu" akhirnya si ibu jadi kebingungan dan malah gak secerewet biasanya tapi terus segera dapat mengendalikan suasana dan kembali cerewet seperti biasanya, hehe. i miss you so, mom. cuma aku lah yang tahu gimana kangennya aku sama ibu sama bapak :')

...
kok jadi melankonis gini?

ehm.
lanjuttttt

trus sekarang ini lagi ngerjakan proposal bab 3. buka-buka folder home, bukan karena hoesick sih, cuma lagi pengen buka-buka aja. trus, nemu foto ini. ahahaha kalo lagi jalan sama dia pasti dikira kita pacaran, padahal dulu, nun jauh kira-kira 10 tahun yang lalu, dia adalah rival sibling saya. ya, saya dulu benci banget sama anak ini. kata bahasa medis sih sibling rivalry ya, akibat umur kakak adek yang deket gitu. bayangin aja, saya lahir 10 oktober 1991, dia lahir 18 juni1993, ketika ibu saya pertama kali hamil dia, saya bahkan belum genap satu tahun. dan ketika dia lahir saya terpaksa diungsikan ke beberapa keluarga kayak tante -yang saya panggil mama- sama mbah di solo. padahal sih ya, saya juga lama tinggal sama iu sama bapak, tapi karena pemahaman masa kecil saya yang bilag kalau gara-gara dia lahir saya jadi "ga keurus", akhirnya saya sempat benci banget sama anak ini selama beberapa tahun. tapi yaaa itu dulu siihhh. sekarang sudah akur, sudah main ojek-ojekan -lumayan antar jemput gak perlu naik angkot-, sudah ngetawain hal-hal konyol sama-sama, sudah saling kangen --cie-- 
ini nih buktinya, enjoy! :D





foto diambil di depan studio foto apa gitu lupa, bersama-keluarga-keluarga lainnya, sambil nunggu antrian foto keluarga habis mba rina wisuda, mumpung ada momen baik+lagi kembaran bajunya :)

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer