Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Indonesia

Oke, ini dia destinasi yang terakhir, destinasi yang paling seru. Atas permintaan Danar, ibu dan bapak acc kita berangkat meskipun sudah saya kasih gambaran perjalanan dan medannya akan seperti apa. berangkatlah kita pada tanggal 29September kemarin jam 02.00pagi. sebenarnya jujur ga tega ngajak jalan selarut ini karena bawa ibu sama mbah, tapi mau gimana lagi memang waktu terbaiknya berangkat jam segitu dan kalau dibikin berangkat pagi malah lelahnya akan lebih terasa padahal gak bisa dapat
view terbaik: sunrise.

Karena ini perjalanan ketiga, alhamdulilah gak ragu samasekali dengan arah jalan meskipun dalam kondisi gelap. perjalanan ini juga mengobati rasa kangen saya sama satu hal, yaitu disupiri bapak. sudah berapa tahun ya? mungkin sekitar 2 tahun gak melakukan perjalanan puanjang yang bisa merasakan manuver-manuvernya bapak waktu lagi nyetir. selain karena gak ada kesempatan, dalam beberapa tahun terakhir ini posisi supir digantikan sama Danar. tapi karena ini perjalanan serius, jadi ya seri Bromo ini kemudi diambil alih lagi sama Bapak. gimana ya? bapak tuh kalau nyetir tenang, gak bikin mabuk, cepet, tapi juga gak takut-takut. padahal kan medan ke Bromo ya begitu itu kan tahu sendiri ya, tapi Bapak tetap nyantai aja tanpa mengurangi kecepatannya.. Belok ya belok aja. nukik ya nukik beneran. kadang kalau ketemu jalan yang ekstrim Bapak tetap santai tapi bisa sampai ketawa-ketawa sendiri. mungkin semacam menyadari kalau medannya ekstrim tapi kok ya ga ada ekspresinya hehehe. gak seperti supir-supir yang biasanya komen apalagi kalau medannya baru, Bapak anteeeng banget. cuma memang Bapak sering nanya "yakin gak dek?" yang akan saya jawab "yakin!" hahaha seneng rasanya bisa jadi guide buat keluarga. pengalaman mbolang yang lalu jadi gak kerasa sia-sia :D paling yaa ibu aja yang jadi suka komen "Ya Allah kamu kayak gini bawa motor sendiri?ckckck" xixixi peace mom ^^v.. oh ya selain ngomong gitu bu juga suka ngomong gini, "kok kmu bisa hapal betul dek jalannya?" trus saya jawab"ya kan memang gampang dihapal, Bu. tapi biasanya lebih banyak pake  feeling sih".. dan sejak ngomong gituu Bapak makin sering tanya "yakin gak dek?" yang selalu saya jawab "insyaAllah yakin, Pak" :)))

Untuk perjalanan kali ini saya sama Mba Rin sepakat lewat jalur Pasuruan aja, lewat Nongkojajar. Meskipun jalannya lebih berliku dari jalur Probolinggo, tapi jauh lebih cepat. jadi harapannya gak terlalu capek di jalan. selain itu tujuannya cuma sampai Simpang Dingklik aja, liat sunrise, foto2, trus udah. soalnya gak mungkin juga turun ke Bromo. alasannya pertama, karena medan turunnya 45derajat batu2 duh wes gak mungkinlah apalagi mobilnya APV, apalagi bawa ibu sama mbah. ya pokoknya yang penting nyampeklah. Danar juga sudah disuruh ikhlas cuma sampai penanjakan saja dan semoga lain waktu bisa sampai ke Bromo.
tapi ternyata Allah punya skenario yang lebih manis.
eng ing eng, sampai d Wonokitri mobil distop. ada aturan gak boleh lanjut dan harus ganti jeep. satu hal yang diluar perkiraan saya karena memang perjalanan sebelumnya naik motor jadi gak pernah ada acara gini2an. setelah berdebat alot dengan segenap pengetahuan yang ada tentang medan Simpang Dingklik tujuan kita, aturan2 resmi TNBTS yang sering saya baca di internet, dan mbah sebagai senjata pamungkas, akhirnya... tetap kalah hehe.. aslinya sih gamau ngalah, tapi Bapak yang ngalah dan bilang udah gapapa ngejip aja. finally, ngejiplah dari Wonokitri dengan rute trip sampai Penanjakan dan Gunung Bromo seharga 450rb. Mbah ikut juga loh.. hahaha..














terus..
waktu sampai Bromo si supir nawari mau nganter sampai Lautan Pasir dan Bukit Teletabis ditambah 150rb. Bapak mengiyakan. dan berangkatlah kami nerusin perjalanan. untung semua perjalanan ini terbayar dan Ibu yang awalnya ngomel2 gajadi ngomel karena terobati pemandangan yang memang subhanallah bagusnya dan dapet bonus supir yang punya selera humor bagus :)


















Komentar

Postingan Populer