surat

selamat malam blog. selamat malam dear reader. apa kabar kamu? semoga kamu selalu dalam kondisi sehat wal afiat, senang, dan penuh rasa syukur. saya menyadari bahwa blog ini gak terkenal. namun saya menyadari pula, bahwa blog ini memiliki pembaca, baik itu pembaca setia maupun hanya pendatang. saya sendiri mengkategorikan pembaca blog ini secara garis besar menjadi 3 kelompok, yaitu pembaca rutin, pembaca pendatang untuk artikel-artikel tertentu, dan pembaca pendatang dengan niat memenuhi rasa ingin tahu untuk "membaca" diri saya secara pribadi.
untuk pembaca pertama mungkin akan kebanyakan diam tanpa komentar setiap kali membaca blog ini, namun di balik diam dan tanpa komentarnya itu sesungguhnya ada sebuah pemahaman yang mendalam tentang diri saya pribadi. saya percaya, ia yang rutin baca blog ini akan dengan mudah merasakan cinta yang saya rasakan, kecewa yang mungkin sempat terlewat, air mata dan bagaimana saya menangis untuk tulisan-tulisan sedih, dan mana yang hanya sekedar menulis belaka.
sementara bagi pembaca pendatang, ya, cukup terhubung dengan artikel yang dituju saja. mungkin tentang tempat wisata yang mungkin sedang dicari dan kebetulan pernah saya post di blog ini, atau mungkin sekedar cari gambar di google dan nyasar ke blog ini. mengambil apa yang diperlukan dan pergi. sekedar tamu, ga lebih.
yang ketiga, adalah pembaca yang saya mungkin akan memiliki banyak kekecewaan apabila memang tujuannya ingin mengetahui siapa diri saya, yang mungkin datang ke blog ini sudah memiliki ekspektasi tersendiri. mungkin pembaca itu datang dari masa lalu, mungkin juga dari suatu masa yang saya samasekali gak kenal dia siapa, kita gak pernah ketemu sebelumnya, tapi dia merasa kenal saya, lewat cerita-cerita, atau entah apalah. saya menyadari pasti satu dua ada pembaca dalam kategori ini, meskipun mungkin lebih sedikit. mereka yang menyimpan suatu konsep tertentu tentang apa yang dipikirnya begitulah penggambaran tentang saya. mungkin akan sama seperti yang dipikirkannya. mungkin akan berbeda, bahkan 360derajat bedanya. yah, untuk satu hal ini, saya minta maaf. maaf jika membuat kamu kecewa. maaf jika saya ternyata tak tampak seperti yang -entahlah- seharusnya menurut versi kamu. namun beginilah saya, apa adanya di blog ini. saya gak pernah mau jadi orang lain.

pernah dengar, bahwa hidup itu perubahan? maka inilah yang sesungguhnya sedang saya alami. bahwa saya hidup, dan saya berubah. perubahan demi perubahan itu sesungguhnya hanyalah bungkus yang menyelimuti diri saya secara pribadi dalam meniti hidup, mencari makna, menemukan pemahaman, dan menentukan cara. perubahan ini tanda bahwa saya telah bertemu begitu banyak hal -yang sebenarnya masih sangat sedikit-, yang kemudian memberi saya pengaruh, dan kemudian pula berproses di dalam diri, dan jadilah saya seperti sekarang ini. namun kalau kamu mau dengar, sungguh, sebagaimanapun kamu berubah, ada hal-hal yang sesungguhnya masih sama dan akan terus sama untuk selamanya. namun, hal-hal macam itu hanya sedikit orang yang tahu, hanya sedikit sekali. mungkin hanya kamu, dan beberapa orang terdekatmu. 

maka saya mohon, berhentilah menghakimi. berhentilah kecewa. karena hidup adalah hidup. segalanya akan berubah, segalanya hanyalah sebentuk ikatan terhadap bola besar bernama sebab akibat. berhentilah juga melakukannya pada orang lain. karena sesungguhnya setiap orang menghaddapi jalannya masing-masing. ketika kamu lihat orang melakukan hal yang kamu pikir tidak baik, jangan menghakiminya membabi buta, karena kamu gak akan tahu, mungkin memang itulah jalan terdekat baginya untuk menjadi baik dan dekat kepada tuhannya, bahkan lebih dekat daripada saat ini kam dekat dengan tuhanmu. 

hiduplah dengan saling menghargai, dan mendoakan..

Komentar

Postingan Populer