Jadi mau kemana weekend ini??

Halo dear reader! mau kemana weekend ini? yep, kalau kamu lagi main ke Balikpapan dan bingung mau kemana, nih, saya kasiih info beberapa tempat bagus yang suasananya jarang ada di kota lain. apa itu? apalagi kalau bukan view Laut, hehe Tapi kali ini bukan tentang alam yaa, post ini saya bikin buat ngenalin beberapa tempat makan cozy di Balikpapan. check it out!

1. Coto Makassar Haji Kasing
Sudah bukan rahasia lagi kalau Balikpapan lebih cenderung sebagai kotanya para pendatang. Saya bisa jamin kamu bisa menemukan suku apa saja di kota ini. Mulai dari Jawa, Batak, Madura, Banjar, Bugis, Padang, Sunda, dan dari timur Indonesia. Bahkan, kamu juga akan dengan mudah menemukan keturunan asli negara-negara lain di beberapa sudut kota ini seperti Cina, Arab, India, dan golongan bule-bule ganteng hehe. Begitulah Balikpapan tumbuh dalam damai dengan penduduknya yang bermacam-macam. Namun dari sekian banyak, dapat diperhatikan warga Balikpapan dominan dipengaruhi warga Banjar, Bugis, dan Jawa di kesehariannya.
Salah satu pengaruh itu tentunya di bidang kuliner seperti Coto Makasar dari suku Bugis, dan salah satu kuliner Coto yang paling terkenal di Balikpapan adalah Coto Makasar Haji Kasing. Posisinya ada di bagian belakang Pasar Klandasan Jl. Jendral Sudirman. Pasar ini tepat berada di pinggir Teluk Balikpapan. Di bagian belakang pasar dibuat satu ruas jalan aspal bagi pengunjung pasar. Di sepanjang jalan itu para pedagang makanan mendirikan warung tenda tepat di pinggir laut yang telah dibangun pagar pembatas. Ada bakso, es campur, mi ayam, dan yang paling terkenal ya Coto Makasar Haji Kasing ini. Dengan semangkuk Coto panas, es jeruk, lontong yang telah disediakan di setiap meja, pengunjung dapat menikmatinya sambil memandang langsung ke lautan yang ramai lalu lalang kapal-kapal kecil dan besar.
Apakah pelanggan warung-warung tenda ini hanya orang-orang pasar? O sama sekali tidak. Kalau mau tahu siapa penikmat sejati Coto Makasar ini, saran saya datanglah di waktu makan siang, maka akan terlihat mobil-mobil mewah memakirkan diri dengan rapi di ruas-ruas jalan pasar dan pemiliknya yang tengah menikmati semangkuk Coto sembari menikmati suasana siang yang begitu cerah. Tertarik?

2. Zafferano
Dear reader, ada sebuah mall di Balikpapan yang tepat menghadap laut namanya Mall Balcony. Menurut saya mall ini recommended banget untuk didatangi karena posisinya yang strategis. Serius, di mall ini banyak sekali sudut-sudut yang ciamik namun belum dieksplor maksimal. Bagian mall yang menghadap laut full dibangun dari bahan kaca sehingga kita bisa dengan leluasa menikmati panorama laut dari lantai manapun. Sebenarnya ada beberapa tempat makan dengan view laut di mall ini, tetapi yang paling menarik perhatian adalah Zafferano. Tempat makan dengan tema western ini berada langsung di tepi jalur parkir mobil pinggir laut dan memiliki view Teluk Balikpapan. Mobil-mobil pengunjung mall yang kadang melintas, panorama lautan dan penataan Zafferano yang cozy menciptakan suasana yang berbeda dibandingkan tempat makan yang lain. Harus dicoba ;)








3. Beach House Balikpapan
Ingin menikmati makan malam romantis di pinggir laut? Atau ingin menghabiskan waktu di tempat yang tenang dengan alam terbuka? Coba deh sesekali datang ke Beach House Restaurant di Jalan Mulawarman Balikpapan. Restaurant ini memanjakan pengunjung dengan konsep tempat makan terbuka dan view Teluk Balikpapan. Menikmati hidangan sambil dibelai hembusan angin cocok untuk ngobrol santai, reuni kecil-kecil, bahkan sampai wedding party, atau bahkan hanya untuk sekedar curhat berdua dengan sahabat. Serius, di tempat ini kamu gak akan bosan karena suasananya yang nyaman dan mengutamakan privacy. Meskipun di pinggir laut hawanya gak panas karena restaurant terbuka ini banyak ditemukan tanaman rindang di tiap sudutnya. Tinggal pilih mau duduk di kursi biasa, kursi dengan naungan kain putih yang bertebangan lembut ditiup angin atau di gazebo mini dengan sofa yang privat sekali. Yups, gak perlu jauh-jauh ke Bali, karena di Balikpapan pun kami punya restaurant romantis macam ini :))









Jadi, mau kemana weekend ini?

Komentar

Postingan Populer