Arti Sebuah Gambar

apa yang terpikirkan di benakmu saat melihat gambar ini?
 
Gambar ini saya dapatkan di pinterest beberapa hari yang lalu. Saat melihatnya pertama kali saya langsung tersenyum seperti mengenali sesuatu. Saya mengenali gambar itu seperti diri saya sendiri. Sudah sejak lama saya selalu membiasakan diri membawa satu buku di dalam tas ke mana pun saya pergi. Di mana pun saya harus menunggu, alih-alih mengeluh, saya akan senang-senang saja karena itu berarti saya punya alasan untuk membuka buku dan melanjutkan bacaan saya yang tertunda. Di bank, di kantor pajak, di kantor samsat, di rumah sakit, di mana saja ketika saya diharuskan menunggu saya akan membaca. Melihat gambar ini seperti mendapati diri sedang diperhatikan orang asing dari kejauhan yang diam-diam merekam pemandangan di sekitar saya. Kadang-kadang saya berpikir, bagaimana ya pendapat orang di depan-belakang-kanan-kiri saya ini saat melihat saya menunggu sambil memegang buku? Mungkin ada yang berpikir saya pintar, mungkin ada yang berpikir saya sok pintar, mungkin ada yang berpikir saya antisosial, mungkin ada yang ingin membaca juga tapi tidak ada bahan bacaan, atau mungkin lebih banyak yang samasekali tidak peduli bahkan tidak menyadari buku yang saya pegang. Lagi-lagi menurut saya menunggu sebenarnya bukan hal yang menyebalkan-menyebalkan amat, selama kita bisa mengisinya dengan sesuatu yang bermanfaat. Buat saya, membaca buku adalah cara yang paling menyenangkan. 

Itu kira-kira yang saya pikirkan saat pertama kali melihat gambar ini ya. Sampai kemudian saya membagi gambar ini di sebuah akun publik yang saya kelola. Respon yang muncul bermacam-macam. Tapi tidak ada yang menuliskan ide yang sama persis seperti yang saya pikirkan. Kalaupun ada ya mirip-mirip dikitlah. Yah, memang sih satu gambar pasti memunculkan interpretasi berbeda di masing-masing kepala. Ada yang fokus pada warna, ada yang fokus pada menjadi beda, ada yang fokus pada kegiatan membaca bikin bahagia, dan lain-lain. Kalau kamu, apa yang terpikirkan di benakmu saat melihat gambar ini?

Komentar

Postingan Populer