masih ada 10 hari

dua puluh satu desember
dua ribu tujuh belas sudah sampai di ambang batas
urusan berganti tahun hanya soal hitungan hari
tak ada jaminan usia sampai di sana
bisa saja langkah kita berhenti ketika kalender diganti
bisa saja kesempatan masih ada puluhan tahun lagi

di penghujung dua ribu tujuh belas ini saya merasa kelelahan yang amat sangat
lelah tubuh sampai fisik drop, lelah pikiran sampai sulit tidur dan siklus menstruasi terganggu
tidak jelas apa alasannya, mungkin karena saking banyaknya
beberapa hari yang lalu setelah berkutat dengan suasana hati yang serba tidak enak saya memutuskan berdamai dengan diri sendiri
berdamai dengan berani mengajukan pertanyaan secara jujur, "ada apa denganmu, mbar?"
berusaha hening dan...
menjawab satu per satu
sepertinya ada beberapa alasan
sejujurnya target 2017 memang lumayan banyak
kecil, tapi banyak
sedikit-sedikit saya coba selesaikan itu,
sedikit-sedikit juga pusing berkurang
ada banyak target yang saya rampungkan
bahkan banyak yang bikin terkejut karena jauh melewati ekspektasi, atau sampai di ekspektasi yang sudah hendak dikubur dalam-dalam.
meski ada juga target yang lagi-lagi tidak tercapai, menulis buku, misalnya, tapi saya sudah bisa memaafkan diri sendiri, dan berfokus mewujudkannya tahun depan.

saya tidak tahu sejak kapan saya jadi manusia yang berpatok pada target
seingat saya bertahun-tahun lalu itu bukan karakternya ambar banget
tapi beberapa tahun belakang saya merasa nyaman dengan pencapaian target-target kecil di daftar sederhana yang saya tulis di awal tahun
polanya sepertinya berulang tahun ini,
tetapi saya sadar targetnya mau tidak mau bertambah kuantitas dan bobotnya
... mungkin itu yang membuat saya pusing

kadang rasanya ndak yakin apakah sanggup mencapainya
tetapi di sisi lain sudah sangat sadar kalau saya sudah cukup layak meraihnya

kadang rasanya galau apakah ini benar yang saya inginkan
apakah target-target ini benar-benar target yang saya mau
atau hanya sebatas pembuktian kepada entah siapa

bahkan sampai menulis sepanjang ini pun saya masih tidak benar-benar paham apa yang saya khawatirkan dan apa yang membuat gelisah
karena tidak tahu poinnya saya pun tak kunjung menemukan solusinya.

masih ada 10 hari merenung dan bersiap menuju dua ribu delapan belas, tahun yang penuh dengan rencana dan tantangan.

apakah saya bahagia? atau saya takut? atau saya cemas? atau saya hanya terjebak euforia? atau campuran dari semuanya?


____________________________________________________________________

kegelisahan datang dan pergi memenuhi setiap celah
seperti tak ingin memberikan jeda untuk sejenak menarik napas lega
bagaimana aku bisa mengatasi jika tak tahu apa masalahnya?
bagaimana aku bisa membendung arus jika tak tahu di mana muara?
masih ada sepuluh hari sebelum kalender berganti
masih ada seumur hidup sebelum napas berhenti

Komentar

Postingan Populer