artikel islam

...
kalau buka facebook rasanya banyak yang pengen dikomentarin
tentang apa?
ya macem-macem
tentang foto alay, tentang cara nulis alay, tentang notes-notes bagus, tentang ikhtilat yang merebak, tentang ikhwah yang pasang foto narsis sana sini..






huff...






sedih rasanya..


tapi sekarang yang mau saya komentarin bukan itu. ceritanya itu prolog doang.

lantas apa yang akan dibicarakan sekarang?
yang akan dibicarakan sekarang -bolak balik aja nih daritadi :p- adalah tentang notes tentang islam yang lagi musim di kalangan fb muslim,
banyak tuh yang suka nge-copy paste-in di note trus nge-tag ke mana-mana..
awalnya saya lihat itu bagus. tentu saja bagus. isinya kan tentang ilmu dan kebaikan, otomatis kalau disebarkan akan berpahala, belum lagi pahala jariyyah dari amal ibadah yang dilakukan orang lain karena membaca artikel itu. pasti kecipratan pahala juga tuh. dan kecipratannya itu gak akan bisa dihitung dengan hemat otaknya manusia..

namun ada yang membuat saya resah..

hal yang membuat saya resah adalah notes yang menjamur dan menjadi lumrah itu. rasanya kok ilmu itu jadi kayak "disebar" gitu-gitu aja tanpa teresapi maknanya secara dalam. padahal kan artikelnya itu rata-rata panjang lebar banget ya, yang saya takutkan adalah bahwa si pemilik note sendiri malah belum mengerti isi dari note yang di-copy paste-nya. iya kalau isinya memang benar, tapi kan musim gini banyak banget artikel islam palsu yang isinya malah menyesatkan. bahkan sekarang aja ada website islam yang terkenal tapi isinya malah melenceng dari ajaran tauhid. apalagi keliatan banget tuh kalo artikelnya benar-benar hanya di copy paste tanpa di edit. bisa dibayangkan kan, gimana jadinya kalau ternyata ada isi dari artikel tersebut yang sebenarnya bukan dari ajaran islam? itu mungkin banget lho.. bukan saya nakut-nakutin, tapi saya sendiri gak jarang baca artikel-artikel yang nyeleneh, bahkan tanpa disadari kadang malah mengadu domba. naudzubillahimindzalik..
nah, kembali lagi ke awal pembahasan, saya benar-benar takut kalau saudara-saudara kita itu sebenarnya belum bisa mengerti benar apa yang disampaikannya, terlebih lagi konsep ilmu islam itu kan sebenarnya kasarannya seperti "jangan ngajak orang sholat kalau kamu sendiri belum sholat". maksudnya, apa yang disampaikan dan dianjurkan sudah harus diamalkan lebih dulu minimal sama yang ngajakin beramal. sementara itu.. kadang artikel yang saya baca dari note-note itu -maaf- suka ga sinkron sama orangnya. karena jujur aja kalau dari diri saya pribadi, membaca artikel yang belum diaplikasikan sama orangnya sendiri malah akan membuat saya memandang tulisan itu sebelah mata. bukankah itu malah hanya akan memperberat dirinya sendiri? jujur saya bingung gitu, kadang beberapa saudara kita yang memiliki niat baik itu suka membawa tema yang -menurut saya- muluk-muluk dan kurang ngena , misal tema jihad dan menikah ditag sama orang sma ke teman-teman yang juga masih sma - yang awam lagi-. padahal untuk amaliah yang sederhana aja dulu seperti sholat tepat waktu atau sedekah jarang banget di copy paste-in. sementara untuk di kalangan ikhwah yang udah pada kuliah, note-notenya itu malah "cuma" tentang sirah para sahabat "aja". sirah itu kan sesuatu yang sederhana tapi suka dilupakan. bahwasanya para sahabat itu adalah orang-orang yang paling dekat dengan Rasulullah SAW, otomatis akhlaknya pun gak diragukan lagi. mengapa tidak mengangkat tema-tema ringan namun tepat sasaran seperti itu saja? hal seperti ini yang menurut saya di kalangan remaja sma merupakan fenomena "merasa sudah jadi ikhwah".



yah.. tapi tetap aja. kita kan gak tahu ya, darimana saja hidayah Allah itu diturunkan. bisa aja kan dari artikel yang"disebar" gitu tapi tiba-tiba terbaca satu kata yang merupakan titik balik terbukanya pintu hati.. subhanallah..

Komentar

Postingan Populer