jejak

aku ingin berjalan yang jauh, bu..
mengenali negeri tempatmu melahirkanku ini
mencintainya dengan benar
meresapi unsur alam yang menjadikanku memahaminya
memahami tanah, angin, batu, air..
memahami napasnya yang tertatih semakin tua

aku ingin mengenalinya lebih dalam bu..
mendaki setiap puncaknya
memeluk air dan awan
menyapa lekukan tebing-tebing
meninggalkan jejak-jejak di pasir dan hutan


aku ingin menyapa ia seluas-luasnya, bu


sejauh aku bisa

menggenggam erat semua yang sudah diajarkannya
belajar berani
belajar sabar
belajar memahami
belajar menghargai
belajar kuat


dan biarlah kutinggalkan rekam masa mudaku padanya
pada dedaunan, dan kibasan angin, dan empasan ombak
.. dan purnama

hingga suatu saat aku akan pulang
membawa banyak cerita
untuk cucumu kelak, bu
mengajarkan seperti yang alam ajarkan padaku
membakar semangat mereka dengan kisah-kisah nyata yang kelak menjadi masa laluku

Komentar

Postingan Populer