Pantai Sipelot, Malang, Indonesia

halo traveler! lama banget sudah gak posting artikel tentang perjalanan berpetualang. syukur alhamdulillah masih dikasih kesempatan buat mbolang lagi. annd this next trip is SIPELOT beach, yay!
ada yang tau pantai sipelot? yup yup traveler sejati deh kalau kenal pantai ini, soalnya pantai ini termasuk yang belum terkenal di kalangan wisatawan malang. kalau balaikambang dkk udah umum banget kali ya? setelah kemarin sempet bingung mau kemana, akhirnya diambillah kesepakatan untuk main ke pantai sipelot di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Dampit Kabupaten Malang. seperti biasa kru mbolang gak banyak2, kali ini kita jalan berempat. saya, liska, firda sama bagus. kalau sama liska udah sering main bareng. kalau firda sama bagus ni baru pertama kali, dan mereka asik banget diajak jalan :3
awalnya sempet agak ragu, soalnya berdasarkan info yang didapat jalannya lumayan jauh, naik turun, dann yang paling utama karena gak ada satupun dari kita yang pernah kesana. tapi pikir2 lagi, toh kemarin2 semua pantai juga disambangi dalam keadaan belum berpengalaman samasekali kan?
akhirnya cus, jadi jalan lah kita.
asik, lumayan buat memacu adrenalin yang lama didiamkan begitu saja.
 
Rutenya gini nih : Malang kota - Bululawang - Turen - Dampit - Tirtoyudo - Desa Pujiharjo
jangan khawatir karena ada penunjuk arah yang jelas kok. pokoknya fokus sama Desa Pujiharjo. sabar, karena desa ini bisa dicapai setelah menempuh kira-kira 3 desa di wilayah Kecamatan Tirtoyudo
 
perjalanannya jauh memang, tapi mungkin karena pengalaman yang sudah-sudah, membuat saya mengatur pikiran bahwa tempatnya tuh jauuuh banget jadi jangan gampang ngeluh dan mikir "kok ga sampe2 ya?". cukup nikmati perjalanan. dan ternyata cara ini ampuh banget. badan rasanya gak terlalu pegel karena gak terbebani pikiran. pokoknya modal pikiran yang logis, intuisi, dan doa, yakin deh nyampe. perjalanan dari malang sampai ke tempat tujuan sekitar 2jam 45 menit. saran aja sih, kalau mau main ke pantai di malang selatan jangan anggap itu perjalanan sejak dari kota malangnya, kecuali kalau sudah sampe di kabupaten malang. anggap aja dari kota ke kabupaten (turen,dampit, gondanglegi) itu sekedar pemanasan. nah kalau sudah sampai daerah2 itu baru deh mindset kalau perjalanan dimulai. di saya sih, itu ngaruh banget. perjalanan terasa jadi lebih cepat.

well. balik ke pantai sipelot. awalnya mengenal nama pantai ini, sekitar beberapa bulan lalu dari obrolan bareng firda, saya gak terlalu tertarik karena kayaknya biasa aja. trus coba searching hasilnya juga kayaknya gak recomended. tapi dua hari lalu saya coba searching lagi lebih serius tentang pantai ini. wih, kok kayaknya bagus ya, mulai ada pikiran gitu di kepala. tapi tetap selama di perjalanan saya gak pasang ekspektasi terlalu tinggi..
eh, ternyata..
saya salah duga.
 
saya jatuh cinta pada pandangan pertama.
proudly introduce you, sipelot bay :)
sipelot bay
 gimana ya?
pantai ini.. pasirnya coklat, airnya sempurna biru gradasi, ombaknya tenang berbusa-busa, air di tepian pantai cenderung warnanya coklat tua nyaris kemerahan karena warna pasirnya memang coklat banget. banyak perahu-perahu nelayan hilir mudik, menepi, berangkat lagi, menepi lagi. banyak anak-anak nelayan yang mandi tanpa pengawasan, seolah-olah orangtua sudah percaya banget sama laut buat jadi tempat main anak-anak mereka. bentuk laut yang menjorok ke daratan (teluk) dengan tebing-tebing tinggi di kanan kirinya bikin suasana pantai ini rasanya seperti pantai pribadi. ga tau, ya, disini saya merasa semua serba cukup. gak perlu ombak tinggi-tinggi, atau karang yang gila-gilaan. semuanya kalau diceritai lisan rasanya serba biasa, tapi kalau dialami sendiri, rasanya tenang banget..
the wave

mandi paling menyenangkan selain mandi hujan. mandi di laut! :D

beautiful sipelot
 dan yang bikin saya excited ada banyak banget yang bisa dieksplor traveler di sini. mulai dari keindahan pantainya, ombaknya yang memungkinkan untuk berenang sepuas-puasnya, hutan dan tebing buat yang hobi menjelajah, air terjun sipelot yang bisa dilihat barengan sama laut [tapi gak sempet kesini soalnya waktunya kesorean ): ], kearifan lokal masyarakatnya (masyarakatnya ramah banget). selain bisa main-main sama nelayan, kita juga bisa naik perahu dengan biaya 10ribu per orang buat dianter ke coban lewat laut sambil lihat-lihat tambak mutiara. tuh, banyak yang bisa dikerjain kan disini ?
always miss this momen


waktunya menepi.. :)
selain kearifan lokalnya yang menarik, ekosistem di sini juga masih bagus banget, terbukti dari seringnya burung-burung gak tahu apa (hehe) tuh keliatan terbang rendah di atas perairan laut yang tenang buat cari ikan. meskipun banyak anak kecil berenang mereka gak takut lho terbang-terbang di sekitar situ. hutan-hutan di bukit kanan kirinya juga masih hijau banget. dan ada tambak mutiara juga di bagian laut yang dalam (masih di wilayah teluk). seneng bangetlah pokoknya menikmati suasana pantai ini, meskipun juga pantainya agak kotor sama beberapa sampah manusia (read: plastik) :(
beautiful shot


posisi favorit liska

live, life, laugh

the woman



aku sih ngerasanya wajah mereka berdua mirp :D
 
pakai timer :D
fir - gus - lis - mbar
well yeah, kesimpulannya pantai ini cocok banget buat para traveler yang merindukan suasana baru di samping keindahan pantai yang umum-umum di malang selatan. lebih bagus lagi kalau kesininya buat ngecamp beberapa hari jadi semua keindahannya bisa dinikmati dengan cukup merata sampai puas, hehe. 
tapi plis, tetep jaga kebersihan. jangan ambil apapun selain foto dan jangan tinggalkan apapun selain jejak itu gak cuma buat gunung lho, tapi buat semua alam. pantai dan coban salah duanya.. kalau pantai kita bersih sampai nanti-nanti kan yang bangga kita juga. anak cucu kita bisa main air tanpa gangguan sampah.
sipelot life

the best momen. just sit and enjoy the beach

enjoy the sky

beautiful, isn't it?

 skandal sipelot. LOL :D
butuh kamera yang lebih bagus :|

the couple. jealous! wish my bay were here too :')

sayangnya sampahnya juga ada sih :(

ayunan :)

sipelot bay
 sebenarnya masih banyak yang mau dikerjain. masih pengen naik perahu, pengen ke coban, pengen lihat tambak mutiara, pengen ke pasar ikan, pengen manjat tebing-tebing dan lihat laut selatan yang lepas bebas. tapi karena jam sudah menunjukkan pukul 2 siang dengan asumsi perjalanan pulang sampai malang 3 jam, akhirnya touringnya direlakan sampai sini dulu.
gapapalah, nanti-nanti bisa kesini lagi, bawa kamera yang lebih bagus biar bisa foto burung terbang sama perahu di laut lepas :3
well, pengen banget ngajak angin kesini, suatu hari nanti kalau diberi kesempatan amin :)
denger2 pantai di jogja juga banyak yang gak kalah bagusnya sama pantai malang :)
sampai ketemu di traveling selanjutnya dan postingan foto2 tentang sipelot lanjutan :D
foto yang di artikel ini semua hasil jepret ambar, posting hasil jepret liska, firda, sama bagus menyusul :3
firda sama bagus udah isi 2x, liska 1x, dan ambar ga isi samasekali sampai di rumah :D

agak ga ikhlas mau pulang
i'll there again, sipelot. just wait me ;)

Komentar

Postingan Populer