Lima Tempat Hangout di Jalan Jendral Sudirman Kota Balikpapan

Halo blog. Apa kabar kamu? semoga selalu dalam kondisi penuh rasa syukur yaa.. :)
Dalam rangka merayakan HUT Kota tercinta yang ke 117, kali ini saya ingin berbagi sedikit informasi tentang beberapa tempat hangout outdoor yang asik di Jalan Jendral Sudirman Kota Balikpapan. Mengapa di Jalan Jendral Sudirman? Karena jalan ini termasuk berada di pusat Kota Balikpapan dan memiliki banyak tempat hangout yang cukup asik bersama keluarga dan sahabat. 

1. Melawai


Belum ke Balikpapan kalau belum pernah ke Melawai. Tempat ini merupakan tempat hangout utama pilihan mayoritas pemuda Balikpapan jauh sebelum mall-mall mulai menjamur hingga kini. Sebenarnya tempat seperti apa Melawai itu? Melawai adalah sebutan bagi tempat di sepanjang pesisir Teluk Balikpapan di Jalan Jendral Sudirman Balikpapan tepatnya antara Lapangan Merdeka hingga Pelabuhan Semayang, yang sengaja tidak diperbolehkan membangun apapun di sepanjang pantai ini.
Di wilayah Melawai ini kita bisa puas menikmati hamparan lautan tepat di tepi jalan. Jadi yang biasanya di kanan kiri jalan besar pemandangan yang tampak hanya bangunan, kini pemandangan di satu sisi digantikan oleh suasana Teluk Balikpapan dengan kapal-kapal besar dan perahu kecil yang hilir mudik memenuhi perairannya. Oleh Pemerintah Kota Balikpapan, sepanjang pantai Melawai dibangun trotoar dan pagar semen sehingga warga dapat menikmati suasana Teluk Balikpapan sambil duduk-duduk santai. Sebagai pelengkap, tentunya banyak sekali pedagang makanan dan minuman dengan berbagai pilihan.  Bagi warga yang datang dengan keluarga dan anak kecil lebih baik mengambil tempat yang lebih aman dan nyaman di halaman tanah yang disediakan dalam bentuk lesehan di bawah pohon-pohon besar dan tepat di pinggir laut telah diberi pagar cukup tinggi dari jangkauan anak kecil. Sementara bagi yang muda mungkin memang lebih menyenangkan duduk-duduk di sepanjang trotoar Melawai yang saat sore hingga malam disulap oleh para pedagang menjadi angkringan kafe kecil-kecilan yang nyaman. Menghabiskan waktu bersama orang tersayang sembari menikmati matahari tenggelam merupakan masa terbaik untuk menikmati Kota Balikpapan di Melawai.
menjelang senja

Melawai tahun 2007
menikmati senja

Melawai Balikpapan

2. Pantai Kemala


Pantai yang dulunya lebih akrab dipanggil Pantai Dapur Bunda ini merupakan salah satu pantai wisata yang paling banyak dikunjungi di Kota Balikpapan. Jangan bandingkan dengan pantai-pantai selatan Jawa yaa, karena jelas sudah berbeda. Kalau Pantai Selatan Jawa bertemu langsung dengan Samudera Hindia, sepanjang pantai Balikpapan kelak bertemu dengan Selat Makassar. Berada di Jalan Jendral Sudirman Balikpapan, tipikal pantai di Balikpapan tidak memiliki ombak yang besar, namun hal itulah yang membuat pantai di Balikpapan menjadi tempat pilihan wisata utama bagi warganya. Di Pantai berpasir putih ini sangat mudah ditemui keluarga kecil tengah bertamasya, anak-anak bermain pasir, berenang dengan orangtuanya, muda-mudi berenang, bermain voli pantai, atau sekedar menghabiskan waktu berjalan-jalan. Pantai Kemala yang dapat dikatakan sebagai pantai terbersih di Balikpapan memiliki fasilitas yang lengkap untuk kunjungan umum seperti parkir, masjid, kamar mandi, rumah makan, gazebo luas untuk acara pertemuan, kafe pantai, outbond mini, dan banana boat pada hari-hari tertentu. Namun wisata pantai ini hanya mampu menampung sedikit pengunjung dibandingkan Pantai Manggar Balikpapan karena wilayah pantai yang dapat dikatakan cukup kecil. Jika hari libur anda ingin dihabiskan di pantai ini, bersiap-siap kecewa jika datang terlalu siang karena biasanya parkir penuh hehe






3. Pantai Benua Patra & Batu-Batu


Sebenarnya Pantai Benua Patra ini berada tepat di samping Pantai Kemala. Karena berada di belakang gedung Benua Patra, maka simpelnya pantainya dikasih nama Benua Patra juga, hehe. Di tengah pantai ini ada sebuah helipad milik PT Pertamina yang setiap sore dijadikan tempat duduk-duduk oleh warga Balikpapan untuk menikmati suasana sunset. Pantai ini sebenarnya memiliki pasir putih yang cantik dan merupakan pantai dengan spot terbaik untuk menikmati matahari tenggelam di Balikpapan, tapi sayangnya banyak sampah. Ya, sampah sudah menjadi penyakit bagi pantai-pantai Balikpapan. Mungkin karena pantai adalah bagian yang gak bisa dilepas dari Kota ini sehingga selalu menjadi salah satu pilihan wisata warganya sehingga pantai di Balikpapan selalu ramai dikunjungi. Sedihnya, banyaknya pengunjung pantai tidak disertai dengan kesadaran akan kebersihan. Ya, banyak juga pengunjung yang sadar kebersihan, tapi oknum-oknum yang rese itu juga banyak bangeeett :( saya suka sedih setiap kali main ke pantai yang bagus ini, bagus dengan sunset yang menawan, tapi bibir pantainya kotor dengan sampah :'(
rumput hijau di belakang Benua Patra
Kota Balikpapan dari helipad Benua Patra
Pantai Benua Patra saat senja tahun 2012
diambil tahun 2012, tapi pemandangan yang sama sampai saat ini :(
Lanjut, di ujung Pantai Benua Patra kita bisa melanjutkan perjalanan ke wilayah yang biasanya disebut warga "Batu-Batu". seperti namanya, wilayah ini semacam wilayah pantai dengan tipikal bebatuan yang masih ditutupi oleh pepohonan besar. di tengah Batu-Batu ini ada pantai mini yang tersembunyi dan airnya masih bening bila dibandingkan air di sepanjang Teluk Balikpapan. Aneh rasanya ada tempat se"rimba" ini padahal ia berada tepat di tengah keramaian Kota Balikpapan. Jika hari libur pengunjung banyak datang dan anak-anak kecil sering berenang di pantai ini. Selain itu spot yang tergolong rimbun menjadikan tempat ini sering dipakai sebagai lokasi prewedding. Kalau senja datang, banyak photografer Balikpapan "bertengger" mengabadikan kecantikan sunset Kota Balikpapan

kapal polisi untuk mengawasi warga, diambil dari Batu-Batu

sunset di Batu-Batu

pantai kecil di Batu-Batu

beautiful sunset
Balikpapan

Sunset dan Batu-Batu dari helipad Benua Patra
4. Lapangan Merdeka
Yes, ini dia tempat yang paling terkenal di wilayah Jalan Jendral Sudirman. Pusat tempat berkumpulnya masyarakat Balikpapan. Kalau dulu, Lapangan Merdeka ramai hanya untuk tempat kumpul-kumpul, makan, bermain layangan, main bola, atau sekedar menemani anak berlari-larian di lapangan yang luas. Kini Lapangan Merdeka Balikpapan mengalami kemajuan yang cukup pesat dalam memikat minat olahraga warganya. Diawali dari dibuatkannya jalur sepeda di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, lalu disusul ditetapkannya Car Free Day (CFD) setiap hari mingggu di wilayah yang sama sekitar satu tahun yang lalu, kini masyarakat Balikpapan mulai senang menghabiskan weekend-nya dengan berolahraga. Jogging, Sepakbola, Softball, Berenang di kolam renang Banua Patra, dan bersepeda merupakan kegiatan yang sangat sering dilakukan warga Balikpapan di Lapangan Merdeka. 
lesehan di Lapangan Merdeka
bersepeda

5. Cafe Lamin Pohon


Terletak di samping Rumah Sakit Pertamina Balikpapan, cafe serba kayu ini cocok sekali buat kamu yang merindukan tempat hangout yang tenang dan nyaman. Cafe ini melengkapi servisnya dengan memberi fasilitas toilet, musholla, ruang pertemuan untuk komunitas dan yang menarik di cafe ini terdapat ruang baca dan menyediakan buku-buku untuk dibaca. 








Komentar

Postingan Populer