Ambar Sulistyowati

haloo selamat siang dear reader.. hari libur ngapain nih? minggu ini gak ada acara kemana-mana, hanya nanti sore aja ngajar seperti biasa, sisanya seharian ini di depan laptop menyelesaikan beberapa tugas di luar pekerjaan.
siang ini saya ingin membahas tentang nama. yap. arti nama tepatnya.
seperti yang kamu tahu, nama saya ini kan jawa banget yah, kalau di jawa tengah sih nama saya banyak yang samain, tapi kalau di tempat kelahiran saya di balikpapan ini nama saya termasuk jarang banget, pun juga di telinga beberapa teman saya di pulau jawa bagian barat, nama ambar juga jarang bahkan tergolong aneh di telinga mereka. Saking anehnya menurut mereka, sampai ada yang tanya "namamu kalau mau disebut satu kali aja, jadi am atau bar atau mbar? haha sesusah itu ya? ya jelas mbar, lah.
.
Dulu, waktu masih kecil, masa-masa sd smp saya sempat gak menyukai nama saya sendiri. ketika nama teman-teman saya serba bagus, serba modern islami gimana gitu, kenapa saya malah dikasih nama yang jawa banget? belum lagi kalau teman-teman mengejek nama saya dengan pelesetan lagu "ampar-ampar pisang" jadi "ambar-ambar pisang" atau "ambar" jadi "hambar" rasanya ingin nangis hahaha..

waktu smp pun saya sempat mengalami sindrom ke-alay-an tingkat tinggi dimana saya berusaha menyamarkan nama jadi apalah, disingkat-singkat lah, pokoknya gak masuk akal. tapi setiap kali menghadapi suasana baru yang sebagian besar momennya dimanfaatkan teman-teman untuk mengenalkan dirinya dengan nama panggilan baru yang sesuai hatinya, saya tetap selalu mengenalkan diri sebagai ambar, gak juga pengen dipanggil sulis atau tyo atau wati atau singkatan apalah. cukup ambar. meskipun tetap masih belum paham apa bagusnya nama ini, tapi saya mencoba bersahabat dengannya. kalau nulis pun meski sudah bikin nama pena kebanyakan saya tetap mencantumkan nama pribadi.

Mengenai asal usul nama ini, saya pernah menanyakannya pada ibu bapak. kata ibu, karena bapak males cerita, nama saya diberikan oleh bapak dan gak boleh diintervensi sama orang lain barang satu hurufpun. History dari nama ini adalah karena bapak dulu waktu masih zaman sekolah di solo punya teman namanya ambar sulistyowati, anaknya cantiklah, pintar lah, ya semua yang baik-baik lah dan bapak terinspirasi memberi nama anak perempuannya -saya- dengan harapan agar anak perempuanna ini bisa seperti teman kecilnya si ambar yang di solo itu. sesimpel itu alasan bapak.

Cerita lain tentang perjalanan saya bersama nama ini adalah saat pengambilan ijazah waktu smp. waktu itu yang mengurus ijazah kami adalah Bapak Ismoe Soetopo selaku wakil kepala sekolah. Saya masih ingat banget saya dan beberapa teman berbaris rapi satu banjar, mengantri untuk cap 3 jari di ijazah. ketika tiba giliran saya, Pak Ismoe seperti biasa membaca nama di lembar itu dan mencoba mengartikannya - beliau ini guru senior banget yang saking seniornya bisa bahasa belanda- dan waktu membaca nama saya beliau mengartikan : perempuan yang cantik. saya hanya tersenyum membalas senyum Pak Ismoe yang redup karena usia.

Cerita lainnya lagi, waktu mengaji di masjid dekat rumah, guru ngaji saya Pak Imam memberitahu saya, ambar itu artinya harum. ambar itu bahasa jawa.

Suatu waktu beberapa tahun setelahnya saya pernah baca buku islam secara gak sengaja di sebuah toko buku, dan saya mendapati nama saya tertera sebagai salah satu dari sekian unsur wewangian bidadari surga. Hal ini mengingatkan saya kepada Pak Imam

Cerita lainnya lagi, sekitar setahun lalu saya pernah ngobrol dengan seorang teman di arab berkewarganegaraan Pakistan kalau gak salah -berarti benar ya hehe-.. Dia memberitahu saya bahwa di dalam bahasa urdhu nama saya adalah sebuah kata yang memiliki arti langit, lebih tepatnya lagi langit luas jingga dengan segala benda langitnya. Bahkan saking semangatnya dia sempat mengirimi saya video lagu berbahasa urdu yang menyebutkan kata ambar berkali-kali, dan berarti langit.

Beberapa saat berselang saya punn mendapat informasi bahwa nama saya ini adalah nama sejenis bebatuan. Wah ternyata arti nama saya banyak juga ya, hehe 

Dan dalam beberapa hari kemarin saya jadi iseng cari-cari lagi kebenaran arti nama saya ini, dan ini beberapa yang bisa dishare:

1. Ambar atau amber adalah resin pohon yang menjadi fosil dan dihargai karena warna serta kecantikannya. Ambar berkualitas bagus digunakan dalam pembuatan barang permata dan ornamen. Meski tidak termineralisasi, ambar sering digolongkan sebagai sebuah batu permata.
Ambar sering disalahpahami terbentuk dari getah pohon; padahal tidak. Getah adalah cairan yang bersirkulasi melalui sistem pembuluhnya tanaman, sedangkan resin merupakan substansi organik amorf setengah-padat yang dikeluarkan dalam kantung dan kanal (saluran) melalui sel epitelium pada tanaman.
Sebagian besar amber di dunia ini berumur 30 sampai 90 juta tahun. Karena dulunya adalah resin pohon yang lunak dan lengket, kadang-kadang di dalam amber terdapat serangga dan bahkan hewan vertebrata yang kecil.
Resin setengah terfosilkan atau amber sub-fosil dikenal sebagai kopal.
Tidak hanya berwarna oranye kekuning-kuningan, ambar memiliki warna yang beragam mulai dari keputih-putihan, kuning limau yang pucat, coklat, dan hampir hitam. Ambar berwarna merah (kadang-kadang dikenal sebagai "cherry amber"), hijau, dan biru termasuk langka dan sangat dicari-cari.
Kebanyakan ambar yang bernilai tinggi memiliki permukaan transparan, tapi amber yang keruh dan gelap juga sangat umum. Amber yang permukaannya gelap berisikan sejumlah gelembung renik. Amber jenis ini dikenal sebagai "bastard amber", meski kenyataannya ia adalah ambar sungguhan.

2. Ambar, berarti langit. Jika dibulekan nama ini akan menjadi Amber. Amber dalam bahasa Inggris berarti jingga.

3. Nama Ambar artinya adalah wangi; harum yang diberikan untuk seorang anak Perempuan.  Nama Ambar berasal dari Jawa (Indonesia), dengan huruf awal A dan terdiri atas 5 huruf.  Kata Ambar memiliki pengertian, definisi, maksud atau makna wangi; harum, bisa digunakan untuk nama bayi (nama anak), nama perusahaan, nama merek produk, nama tempat, dan lain sebagainya.  Kata Ambar yang bermakna wangi; harum serta berasal dari Jawa (Indonesia) ini boleh anda gunakan selama arti Ambar tidak berkonotasi negatif di lingkungan anda.

yup, sudah sekitar sejak kuliah saya jadi benar-benar gak pernah mempermasalahkan lagi kenapa bapak memberi saya nama ini, bahkan sekarang saya bangga dengan nama ini karena meskipun gak islami tapi namanya jawa banget menunjukkan identitas asal keluarga, dan memiliki arti yang sangat bagus dan nyastra abis hahaha. namun terlepas dari itu semua, nama adalah doa, dan semoga saya bisa menjadi ambar seperti yang diharapkan bapak, bukan hanya sekedar ambar yang langit, jingga, cantik, wangi, atau apalah, tapi ambar yang menginspirasi bapak karena kepribadiannya. amin :)

kalau nama kamu artinya apa?? :D

Postingan Populer