ngabubuREAD bersama Balikpapan Menyala

Hai, sobat penyala Balikpapan, perkenalkan kegiatan baru Balikpapan Menyala : ngabubuREAD.
Apa itu ngabubuREAD? yah, seperti namanya yang sudah jelas diambil dari kata "ngabuburit", ngabubuREAD adalah inisiatif kegiatan membaca dan bermain bersama yang dilakukan saat menunggu waktu berbuka puasa tiba. NgabubuREAD ini akan ada setiap sabtu sore di Taman Bekapai Balikpapan.
Kegiatan di ngabubuREAD selain tentunya READ (membaca), juga ada pengenalan permainan lokal yang saat ini mulai jarang dimainkan seperti ular tangga dan congklak, seni melipat kertas, pengenalan kartu pos, dan hal-hal edukatif lainnya.
Target ngabubuREAD ini memang anak-anak kecil di sekitar Taman Bekapai yang suka main air di kolam air mancur hehehe, daripada main air kotor-kotor mending kita belajar membaca bersama kaann.. Tapi bukan berarti dengan begitu yang dewasa tidak boleh ikutan ya. Kami juga menyediakan buku bacaan umum dan ayo kalau ada yang hal yang menarik mari kita berdiskusi bersama, para penyala sangat welcome lhoo..
Nah kami juga menyediakan ruang bagi kawan-kawan yang mau membantu membukakan mata batin (ceilah) adik-adik kecil kita ini bahwa membaca itu sangat menyenangkan, bisa dengan mendongeng, nge-games, atau cukup duduk manis di samping mereka dan menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka tentang apa yang dilihat di buku (rasa ingin tau anak kecil itu sangat besar, tentunya butuh bantuan kakak-kakak yang cerdas untuk memberi jawaban yang membangun semangat belajar).

Momen #ngabubuREAD kemarin semakin meyakinkan saya kalau anak-anak masa kini bukannya ga suka buku melainkan mereka hanya belum melihat betapa menyenangkannya membaca. Tugas kita lah mengenalkan sisi menyenangkan itu tentunya dengan cara yang ramah terhadap kondisi kanak-kanak seperti mereka. 

Memilihkan buku-buku atraktif dengan dominasi gambar dan warna, membacakan dongeng, bermain tebak-tebakan merupakan sedikit cara di antaranya. Anak-anak juga cepat bosan dan fokus mereka masih pendek jadi siapkan banyak cadangan buku dan jangan mengeluh jika mereka terlalu banyak bertanya. Jawab saja, ikuti saja ritmenya. 

Tentu yang paling penting, minat baca itu bukannya bisa hadir secara instan, namun seperti benih yang harus dirawat terus menerus sampai tumbuh menjulang tinggi yang bahkan tidak bisa dibendung dengan apapun, memberi buah manis bagi diri sebagai pribadi dan syukur-syukur bermanfaat pula bagi bangsa.

Makanan bergizi adalah nutrisi untuk tubuh, kasih sayang adalah nutrisi untuk hati, dan membaca adalah nutrisi untuk pikiran.




Ohya seperti biasa kami juga dengan senang hati menerima donasi buku layak baca untuk kemudian kami jadikan koleksi Taman Baca Balikpapan Menyala dan menyalurkan di taman baca-taman baca penempatan Pengajar Muda di wilayah Kalimantan.
Kalau begitu, sampai jumpa di ngabubuREAD sabtu ini ya? smile emoticon
Nyalakan akal budi anak Indonesia dengan membaca

info lengkap kegiatan Balikpapan Menyala bisa diakses di
fb : Balikpapan Menyala
twitter : @bpn_menyala
instagram : @bpnmenyala
email : balikpapan.menyala@gmail.com


Komentar

Postingan Populer