tentang menulis


malam ini aku menghabiskan banyak waktu di depan laptop. sembari mengerjakan ini itu masih juga sempat berselancar tidak menentu.. tanpa arah.. hingga kemudia menemukan gambar ini di sebuah halaman website..

tulisannya sederhana namun membuatku terdiam cukup lama.. aku sudah mulai menutup jendela-jendela tab yang tidak lagi kuperlukan namun masih juga membiarkan tab dimana gambar ini berada,. rasanya kok kayak bener.. merasa tulisan ini isinya bener.. ya, selama ini, hal inilah yang saya rasakan..

aku sudah mencoba berbagai macam kegiatan yang menurutku menarik dan menyenangkan selain menulis. aku bermain musik, aku berolahraga, aku menyulam, menjahit, memasak, bikin gelang, kotak kado, frame foto, aku belajar desain, aku pergi ke alam bebas sendirian, aku belajar fotografi, tapi tidak ada yang membuatku selalu kembali selain kepada menulis. apapun yang kulakukan akhirnya semua bermuara pada tulisan. sejauh apapun langkah yang kuambil, senyaring apapun kuberanikan diri bersuara, selebar apapun aku beruopaya membuka diri, namun yang paling menenangkan tetaplah ketika jari menari di atas keyboard laptop atau ketika menulis catatan-catatan pinggir yang tak teratur di kertas-kertas asal ambil. tidak ada yang bisa menandingi perasaan lega daripada lega setelah berhasil menuliskan semua unek-unek di kepalanya. tidak ada yang lebih jujur lagi dibandingkan berhasil menuliskan perasaan dengan terbuka seterbuka-terbukanya.

meski selama ini aku hanya mampu menulis untuk diriku sendiri..

meski hingga saat ini belum juga mampu kutulis sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain.

tapi serius, sungguh, sejujur-jujurnya, aku tidak peduli.

aku tidak peduli apakah tuisanku dibaca orang atau tidak. aku tidak peduli apakah tulisanku disukai atau tidak. aku tidak peduli itu semua. aku hanya peduli bahwa aku butuh menulis. aku hanya peduli bahwa menulis itu melegakan, menyembuhkan, terapi, dan setia.

tulisan tidak akan pernah mengkhianati perasaan yang kusampaikan kepadanya.

dan seperti itulah pada akhirnya akupun selalu duduk kembali dan menulis lagi

Komentar

Postingan Populer