(Lagi-lagi) Ah Sosial Ah Media

Dunia sosial media adalah dunia yang luas sekaligus juga sempit dalam waktu yang bersamaan. Kamu memang bisa mendapatkan berita terbaru tentang peristiwa yang terjadi di dunia lain, kamu bisa belajar banyak hal hanya melalui internet, kamu bisa mengenal banyak orang dan banyak sekali pemikiran-pemikiran yang dapat memengaruhi cara berpikirmu. Tapi sadarilah bahwa tidak semua hal di dunia nyata ini terekam dengan benar di dunia maya. 

Ada kalanya rekam nyata itu dipotong, dirubah warnanya, ditambah dan dikurangi, diedit kejadiannya, bahkan disembunyikan darimu. Ada kalanya hal-hal hebat di dunia nyata yang jauh lebih hebat dan tulus dari apa yang sudah dipuja-puja di dunia maya tidak terekam dan tidak terdokumentasikan. Ada kalanya pengalaman-pengalaman itu hanya terjadi dan dialami sebatas panca indera manusia dan bukan oleh dekapan lampu sorot juga bidikan kamera. 

Masih ada banyak hal di dunia nyata yang tidak masuk ke dalam dunia maya dan karena itulah kamu harus paham bahwa dunia maya bukanlah segalanya. Karena itulah kamu harus terus mengasah kepekaan dunia nyatamu. Karena itulah kamu harus terus berjuang memanusiakan dirimu sendiri dan memanusiakan manusia-manusia di dunia nyatamu, mengutamakan mereka di atas dunia mayamu. Karena itulah tidak semua yang kamu lihat di dunia maya serta merta harus kamu imani, kamu telan mentah-mentah, kamu bela setengah mati.

Komentar

Postingan Populer