2017 reading challenge

Entah kapan pertama kalinya saya menyadari bahwa membaca adalah sebuah kata kerja yang sangat menarik dan buku adalah sebuah kata benda yang punya magnet besar. Mungkin TK, ketika saya membaca majalah-majalah bobo, mungkin SD ketika saya sudah punya komik sendiri dan ibu yang selalu memberi hadiah diary setiap tahunnya, mungkin SMP ketika saya membeli buku puisi untuk pertama kalinya sebagai ganti karena saya menjatuhkan buku puisi dengan judul yang sama milik teman saya di genangan air di halaman sekolah, yang kemudian akarnya merambat menjadi keberanian membeli buku kumpulan cerpen Filosofi Kopi di gramedia dengan uang jajan sendiri, berlanjut sampai SMA, kuliah, lulus kuliah, kerja, sampai saat ini.

Saya tidak pernah punya target membaca sampai akhirnya sekitar tahun 2013 atau 2014 mengenal website komunitas buku, goodreads, dan mendaftar, dan melihat bahwa ternyata banyak sekali orang-orang yang suka membaca di dunia ini. Saat pertama kali membuat akun di goodread saya dengan membabi buta mulai mendaftar buku-buku yang pernah saya baca sejak pertama kali sejauh yang saya ingat. Tahun 2016 saya baru benar-benar memiliki kepedulian dan mencoba mengikuti reading challenge. Saya menantang diri sendiri untuk membaca 24 buku dengan asumsi 2 buku per bulan. dan target itu tercapai. secara acak, berikut ini buku (yang telah terdaftar di dalam goodreads.com) yang saya baca di tahun 2016


5948536.jpg (98×135)Burung-Burung Manyar by Y.B. MangunwijayaNotulen Cakeppp! Kang Maman by Maman SuhermanAgama Apa yang Pantas bagi Pohon-pohon? dan Kisah-kisah Pilihan by Eko TrionoThe Little Prince & Letter to a Hostage by Antoine de Saint-ExupĂ©ryMilea by Pidi BaiqThe Architecture of Love by Ika NatassaCantik itu Luka by Eka KurniawanJatuh Cinta Adalah Cara Terbaik untuk Bunuh Diri by Bernard BatubaraTelepon Genggam by Joko Pinurbo#88 LOVE LIFE by Diana RikasariHujan by Tere LiyeDilan Bagian Kedua by Pidi BaiqMontase by Windry RamadhinaKisah Sang Penandai by Tere LiyeNorwegian Wood by Haruki MurakamiSabtu Bersama Bapak by Adhitya MulyaInteligensi Embun Pagi by Dee LestariDrunken Mama by Pidi BaiqAutumn Once More by Ilana TanDrunken Marmut by Pidi BaiqThe Alpha Girl's Guide by Henry ManampiringDilan by Pidi BaiqSenja dan Cinta yang Berdarah by Seno Gumira AjidarmaBurung-Burung Rantau by Y.B. MangunwijayaSenopati Pamungkas by Arswendo Atmowiloto

setiap melihat daftar buku-buku ini saya selalu throwback 1 tahun ke belakang. saya ingat setiap cerita dengan setiap buku ; bukunya dapat di mana, baca di mana, ceritanya tentang apa, bagaimana respon saya setelah membacanya. saya ingat sensasi senang yang saya rasakan setiap kali saya mengklik kata "finished" atau "read" di link goodreads setiap kali mengkhatamkan satu buku, namun ternyata kegembiraan-kegembiraan macam itu sifatnya tidak permanent. hanya sementara. saat ini ketika saya melihat daftar buku-buku ini saya merasa biasa saja, bahkan merasa sedikit khawatir, apakah dengan membaca mereka saya cukup efektif memanfaatkan waktu? tapi sudahlah, toh itu semua sudah berlalu 1 tahun yang lalu. saya pun tidak akan sampai dengan saya yang berpikiran seperti ini jika tidak menghabiskan semua buku-buku itu. hanya saja jadi ada pelajaran, bahwa "so many books so little time" itu sungguh benar adanya. dan saya menjadi sangat paham bahwa saya berkewajiban terhadap diri sendiri untuk semakin selektif menentukan buku apa yang akan saya baca, agar waktu tidak terbuang sia-sia.

tahun 2017 ini saya menaikkan target menjadi 30 buku. target lainnya yang tidak tertulis dan akan saya buat tertulis melalui artikel ini adalah saya ingin membaca buku dari penulis-penulis yang sama sekali belum pernah saya baca karyanya, kecuali mungkin beberapa penulis saja seperti haruki murakami, eka kurniawan, dan seno gumira ajidarma. target lainnya adalah, untuk 30 buku yang saya baca saya akan membiasakan diri untuk memberi review, setidak-tidaknya review di kolom goodreads. seiya-iyanya adalah review di blog ini. semoga saya mampu menjaga konsistensi untuk hal ini.  akhir kata, selamat membaca, diriku. jadi, bagaimana tantangan membacamu tahun ini, dear reader?

Komentar

Postingan Populer