mimpi

aku bermimpi semalam suntuk dengan kepayahan
karena perahu kecil yang kutumpangi di dalam mimpi itu juga mengangkut dua ekor ular
selain tiga manusia ; aku dan dua yang aku tidak ingat siapa
aku bermimpi dengan kekhawatiran ular itu akan mematukku 
benarlah ular itu muncul di ujung perahu dan merayap di tengah perahu yang sempit
aku mengangkat kaki di atas papan yang seharusnya jadi tempat duduk dan dia merayap di bawah papan
ular itu hitam
lalu ular kedua muncul namun aku tidak yakin apa warnanya
mereka berdua mlungker di dalam perahu yang masih terus berjalan
aku tidak ingat apakah menjerit atau tidak
tetapi ingat tidak berani loncat ke sungai karena pasti di dalam mimpiku itu di dalam sungai ini ada buaya besar
ah!
namun untungnya dua orang lain di perahu itu cukup berani
dan yang belakangan kuingat laik-laki, bapak-bapak
tapi yang aku tidak mengerti kemudian aku menepi di daratan 
dan latar tempat mengantarkan aku ke sebuah perumahan yang sepi
ada rumah dan papan di depan rumah itu bertulisan "keluarga FSNYWQWI telah pindah rumah ke jalan ...." (iya sungguh, nama keluarga itu tertulis huruf besar dengan huruf-huruf yang tidak membentuk kalimat. tapi tentu saja aku tidak benar-benar ingat apa saja hurufnya"
lalu entah bagaimana aku tiba-tiba saja sudah sampai ke rumah baru keluarga itu
bertemu si pemilik rumah yang adalah suami istri seusia orangtuaku
dan beberapa anak mereka
mereka menerimaku sebagai tamu di salah satu ruangan rumah mereka yang serba putih
dan mereka pun berpakaian serba putih
dengan senyum yang ramah
duduk di lantai seperti orang pengajian
yang paling dekat denganku adalah si bapak, kemudian ibu, kemudian anaknya
dan lihatlah
anak mereka yang duduk paling terakhir dan paling jauh dariku
ketika memiringkan tubuhnya agar aku dan dia dapat saling melihat
orang itu adalah kamu. 
aku terdiam
dalam keadaan itu aku sadar kalau ini semua hanya mimpi
yang aku heran kenapa juga aku bermimpi seperti ini
aku terbangun
dan di luar hujan

Komentar

Postingan Populer