tentang menikah

yang ingin kujalani tentang menikah
bahwa yang menghadapinya adalah aku
dengan orang yang kupilih
maka aku sangat berharap
dan berusaha
menemukan seseorang yang membuatku yakin
pernikahan layak dijalani
cukup yakin saja
bukan yang sempurna
bukan yang punya segalanya
bukan bukan bukan
tapi cukup yang bisa membuatku yakin saja
seseorang yang bisa aku percaya

yang nyatanya kuhadapi tentang menikah
bahwa orang yang bisa meyakinkanku
nyatanya tak selalu menjadi jodoh
kesamaan hati dan visi tentang hidup
tak lantas membuat dua manusia bisa
dengan begitu mudah, menikah

yang nyatanya kuhadapi tentang menikah
ada cobaan-cobaan lain berupa
orang-orang yang
datang
tanpa samasekali mampu mengetuk hatiku
tanpa samasekali mampu membuatku bilang "ya"
dengan segala kebaikan yang menempel pada dirinya
namun tetap terasa pada hatiku
bahwa celah di dalam dirinya
bukanlah ruang yang sesuai untuk potongan puzzle yang kubawa

aku berusaha bersabar
tapi nyatanya
dalam pernikahanku bukan hanya aku yang sedang diuji
tetapi juga ibu
tetapi juga bapak
tetapi juga paman
tetapi juga bibi
tetapi juga mas
tetapi juga mba
dan banyak lagi yang lain
yang selalu bertanya kapan
kapan..
kapan..
yang selalu ketika lelah
dengan mudah menyampaikan tuduhan
kenapa mudah sekali menolak
kenapa mudah sekali menolak
yang selalu ketika tak paham
dengan ringan mengucapkan
apa sebenarnya yang kamu cari
apa sebenarnya yang kamu cari

mengapa aku mengulur waktu?
apakah semudah itu aku menolak?
seperti apa yang sebenarnya aku cari?

kalaupun aku punya jawabannya
tidakkah sudah terang seterang matahari apa jawabannya?
karena bukankah jodoh adalah cerminan diri

kalaupun aku punya jawabannya
haruskah disampaikan kepada seluruh dunia
padahal pada akhirnya hanya aku yang menanggung rasanya
hanya aku yang menanggung rasanya

aku ingin sabar
aku ingin sabar menghadapi orang-orang
juga ingin sabar menjalani penantianku sendiri
bahwa aku pun sedang menunggu
sedang mencari
sedang berdoa
sedang meminta
sedang berupaya memperbaiki diri
sedang berusaha membuka hati
agar mudah ditemukan oleh belahan hati

aku hanya ingin bersabar..
dan dimaklumi dengan kesabaran..

Komentar

Postingan Populer