Hari ini aku merasa beruntung karena

meskipun hidupku tidak merdeka-merdeka amat, tapi setidaknya aku diberi kesempatan hidup di zaman yang memperbolehkanku untuk memilih hal-hal yang sangat prinsip, memilih agama, dan memilih kekasih misalnya.

Aku bersyukur diberi kebebasan memilih agama atas keyakinanku sendiri dan tidak mendapatkan tekanan psikis dan fisik atas pilihanku

Aku bersyukur diberi kebebasan menentukan apakah aku mau atau tidak mau menikah. Meskipun selalu dikejar pertanyaan, tapi tak pernah mendapatkan pemaksaan untuk jadi istri orang.

Aku bersyukur diberi kebebasan berpolitik, membaca buku, keluar masuk komunitas, diam dan berdebat dalam diskusi yang kukehendaki.

Bahkan meskipun aku tak cukup merdeka untuk memperjuangkan profesi kesehatanku, tak cukup merdeka untuk memilih merantau, tak cukup merdeka menentukan jam berapa aku ingin pulang pada malam hari, tapi aku bersyukur karena masih banyak hal-hal yang bisa kusyukuri daripada kutangisi.

Alhamdulillah

Komentar

Postingan Populer